Kamis, 29 Desember 2016

Pengenalan Mikrotik Part 1








BAB I
SEJARAH MIKROTIK
1. Mikrotik RouterOS dan RouterBOARD
 Asal mikrotik
MikroTikls adalah nama perusahaan pemegang lisensi MikoTik yang berlokasi di Riga, Ibukota Latvia, sebuah negara pecahan Uni Soviet yang bersebelahan dengan Rusia. Mikrotikls merupakan produsen software dan hardware router MikroTik. Dengan mikrotik maka teknologi internet menjadi lebih cepat, handal dan terjangkau untuk kalangan pengguna yang lebih luas.

 Mikrotik RouterOS
Mikrotik RouterOS adalah sebuah sofware yang berfungsi mengubah PC (komputer) menjadi sebuah router. Mikrotik RouterOS layaknya IOS cisco yang diinstall di dalam Router Cisco, hanya saja IOS cisco tidak bisa di install di dalam komputer kecuali menggunakan emulator seperti GNS3 dan dynamips. Pada dasarnya RouterOS merupakan sistem operasi Mikrotik RouterBOARD yang berbasis Kernel Linux v2.6.
 Mikrotik RouterBOARD Selain bisa di install di dalam PC, mikrotik RouterOS juga bisa diinstall pada sebuah hardware khusus yang bernama RouterBOARD. Ketika kita membeli sebuah mikrotik RouterBOARD biasanya sudah tersintall RouterOS didalamnya.
 Tipe RouterBoard
Sebelum kita memutuskan untuk membeli RouterBOARD sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu kode-kode dari model routerBOARD yang ada dipasaran agar kita bisa menentukan perangkat mana yang cocok untuk kebutuhan kita. Misal kita sering baca di internet bahwa untuk akses point yang bagus adalah Radio RB433AH, sebeharnya apa sih maksud dari kode model tersebut ???
 Tipe miniPCI
Bicara mikrotik tentu tidak lepas dengan miniPCI, yaitu suatu perangkat wireless yang berupa sebuah card/kartu yang berfungsi sebagai koneksi tanpa kabel. Biasanya mini PCI mikrotik menggunakan chipset Atheros, adapun beberapa variannya sebagai berikut :

1. R52 2. R52H 3. R5H 4. 52n 5. R52Hn 6. R5n
Penjelasan :
 angka 52 = mampu bekerja di frequensi 5,8 Ghz dan 2,4 Ghz
 angka 5 = hanya mampu bekerja di frekuensi 5,8 Ghz
 huruf R = menandakan perangkat wireless itu sendiri,
 huruf H = High Power artinya mempunyai daya yang lebih besar (350mW) dibandingkan dengan yang polos (80mW).
 huruf n = sudah kompatible dengan arsitektur n yaitu 802.11n (AP dan client harus sama2 n)

Mikotik memberikan keleluasaan kepada user apakah mau menggunakan RouterOS yang bisa di install pada PC atau menggunakan RouterBOARD yang sudah terinstall RouterOS didalamnya. Mikrotik menyediakan RouterBOARD dari mulai versi low-end yang cocok untuk Warnet/SOHO (RB750) maupun versi high-end yang cocok digunakan untuk setingkat perusahaan besar maupun ISP (RB1100).

 Fitur Mikrotik
Sebagai sebuah router, mikrotik memiliki fitur-fitur yang tidak kalah dengan router-router mahal seperti cisco. Beberapa fitur mikrotik :
Interfaces :
Fisik : Ethernet, V35, ISDN, Dial-up Modem
Wireless : 900Mhz, 2.4 GHz, 5.8 GHz
Virtual : Bridge, Bonding, HWMP+, VLAN
Tunnel : EoIP, IPIP, PPTP, L2TP, MPLS, PPPoE
Routing :
Policy Routing , Statik routing, Dinamis Routing (OSPF, BGP, RIP)
Firewall :
Filter Rule, TTL, Address List
Network Address Translation (NAT)
Bandwidth Management
HTB, PFIFO, BFIFO, RED, SFQ, PCQ
Sevices :
Hotspot, Web Proxy, DHCP, DNS
Management User :
Radius, User Manager, PPP user, AAA, Accounting
Tools
Graph, MAC-ping, Torch, Watchdog, ping
Panduan Memilih RouterBOARD berdasarkan fitur dan kemampuan untuk masing-masing seri.


Sekian Pengenalan Mikrotik buat Master mikrotik diseluruh Indonesia
Load disqus comments

0 komentar