Kamis, 29 Desember 2016

INSTALL ROUTER OS



1. Install RouterOS Mikrotik pada PC
Untuk melakukan instalasi pada PC (biasa disebut PC Router/PCBOX) kita memerlukan paket routerOS X86 dan sebuah PC yang akan kita jadikan router.
Spesifikasi PC minimum :
 Processor minimal 800 MHz
 RAM 256 MB
 CD-ROM
Silahkan download paket routerOS dari situs mikrotik www.mikrotik.com/download.html
Selanjutnya burning file ISO tersebut kedalam CD yang nantinya akan kita gunakan untuk booting saat instalasi routeros (jika anda pernah melakukan instalasi windows maka anda tidak akan mengalami kesulitan untuk install routeros)
Setelah CD instalasi siap, hidupkan komputer yang akan dijadikan router kemudian tekan delete di keyboard untuk masuk kedalam BIOS setup, pada menu boot priority pastikan booting pertama dari CD-ROM. Jika sudah, silahkan tekan F10 kemudian pilih YES untuk menyimpan konfigurasi. Jangan lupa untuk memasukan CD instalasi sebelum anda menekan YES.
(anda bisa juga menekan tombo F12 pada saat komputer booting, kemudian pada kotak dialog yang muncul pilih CD-ROM)
Selanjutnya komputer akan melakukan booting melalui CD Mikrotik yang sudah kita masukan sebelumnya

Jika berhasil booting melalui ISO mikrotik, maka akan keluar tampilan option paket apa saja yang akan di install seperti tampak pada gambar dibawah ini.
gunakan tanda panah untuk pindah-pindah menu dan gunakan spasi untuk memilih paket, tekan a untuk menandai semua paket. Jika sudah siap tekan i untuk memulai instalasi.
Ketika ada pertanyaan apakah anda mau menyimpan konfigurasi sebelumnya, pilih NO dengan menekan tombol N di keyboard. Continue ? tekan tombol Y

Selanjutnya akan dilakukan pastisi dan format hardisk dan dilanjutkan dengan install routerOS ke dalam Hard Disk.
Setelah selesai instalasi silahkan tekan enter untuk me restart komputer, setelah restart akan tampil login page, silahkan masukan user : admin sedangkan paswordnya kosongakna saja dengan menekan enter.
Sampai disini anda telah sukses melakukan instalasi mikrotik routeros di PC. Untuk melakukan konfigurasi bisa dilakukan melalui mode CLI langsung di PC router tersebut atau bisa juga di remote menggunakan winbox dari komputer lain.
Untuk menggunakan bisa menggunakan Pcrouter anda minimal harus mempunyai 2 ethernet card. Satu untuk koneksi ke ISP (publik) dan satu lagi untuk ke jaringan anda (lokal).


Load disqus comments

1 komentar: