Kamis, 29 Desember 2016

CARA MENGAKSES MIKROTIK PART 1


Setelah kita mengetahui sejarah singkat mikrotik, RouterOS, RouterBOARD dan macam-macam tipe routerBOARD dan miniPCI, selanjutnya kita akan melangkah pada tahap persiapan untuk explorasi lebih lanjut router mikrotik.
1. Persiapan
Agar anda mudah memahami praktek mikrotik selanjutnya, maka ada beberapa perangkat yang harus anda persiapkan terlebih dahulu yaitu :
1. Mikrotik Router, bisa menggunakan RB450, RB750 atau PC Router (wajib)
Karena yang kita pelajari adalah Mikrotik, maka anda wajib menyediakan perangkatnya agar bisa lebih mudah dipahami dan dipraktekan.
2. PC / Laptop (Wajib)
Untuk akses winbox dan test konfigurasi. Direkomendasikan 2 PC, atau bisa juga menggunakan Vmware.
3. Switch (Optional)
4. Wireless Router (Optional)
Digunakan untuk membuat Hotspot, saya menggunakan Linksys WRT54G dalam tutorial ini.
5. PC Bekas (Optional)
Untuk praktek melakukan instalasi RouterOS pada PC. Bisa juga menggunakan VMWare.
6. Vmware (Optional)
Software ini sangat membantu ketika kita ingin menginstall beberapa sistem operasi dalam satu komputer tanpa harus menganggu sistem operasi yang ada karena sifatnya virtual, begitu juga ketika kita ingin mencoba install Mikrotik RouterOS pada PC, kita bisa menggunakan Vmware tanpa harus menggunakan PC sesungguhnya.
7. Kabel UTP
Untuk menghubungkan antar perangkat.
8. Koneksi Internet (Wajib)
Dalam tutorial selanjutnya kita akan langsung mempraktekan hasil konfigurasi mikrotik sehingga anda wajib mempunyai koneksi internet minimal koneksi ADSL

Istilah-istilah yang perlu dipahami :
Winbox : adalah sebuah utility untuk melakukan remote GUI ke Router Mikrotik
Ether : artinya ethernet atau port LAN pada mikrotik, selanjutnya akan disebut ether.
MAC-address : Media Access Control-Address adalah sebuah alamat jaringan yang diimplementasikan pada lapisan data-link dalam tujuh lapisan model OSI, yang merepresentasikan sebuah node tertentu dalam jaringan. MAC Address juga sering disebut sebagai Ethernet address, physical address, atau hardware address. Anda bisa mengetikan ipconfig /all pada command prompt windows untuk mengetahui MAC-address ethernet komputer anda.

MAC-address : Media Access Control-Address adalah sebuah alamat jaringan yang diimplementasikan pada lapisan data-link dalam tujuh lapisan model OSI, yang merepresentasikan sebuah node tertentu dalam jaringan. MAC Address juga sering disebut sebagai Ethernet address, physical address, atau hardware address. Anda bisa mengetikan ipconfig /all pada command prompt windows untuk mengetahui MAC-address ethernet komputer anda.

1. Cara Remote Menggunakan Winbox
Akses mikrotik melalui winbox bisa dengan dua cara :
 Meremote melalui MAC-address.
 Memanggil IP ethernet mikrotik.
Meremote Mikrotik melalui MAC-address pertama kali
- Hidupkan mikrotik
-Colokan ujung kabel UTP ke ether1 mikrotik dan ujung yang satunya lagi colokan ke komputer.
-Tunggu beberapa saat hingga proses acquiring network selesai.

-Jika setelah proses acquiring kemudian tampil popup notifikasi bahwa koneksi limited or no conectivity maka kita sudah bisa melakukan scan MAC menggunakan winbox.
Tunggu sampai proses Acquiring selesai, biasanya akan memakan waktu agak lama jika kita tidak memasukan IP di komputer.
-Jalankan Winbox dengan cara double klik, kemudian klik tombol yang ada di sebelah tombol connect untuk melakukan scanning MAC-address

Karena dalam tutorial ini saya hanya mengkoneksikan satu buah mikrotik, maka hanya muncul satu MAC address, selanjutnya klik MAC-address yang muncul tersebut, kemudian klik connect.
(INGAT : yang harus di klik adalah MAC-address nya jangan IP addressnya karena kita belum mensetting IP dikomputer kita, kita hanya melakukan koneksi melalui Layer 2, sedangkan IP ada di layer 3)
Ketika masuk kedalam router pertama kali maka akan keluar kotak dialog RouterOS Default Configuration, klik saja Remove Configuration karena kita akan melakukan setting router sesuai dengan kebutuhan kita.
Jika tampilan network Limited or no connectivity yang ditandai segitiga kuning dengan tanda seru, kita baru bisa melakukan scan MAC .
MAC address
IP default Mikrotik
Klik untuk scan MAC address
Identitas/nama Router
Versi RouterOS
Seri RouterBOARD

Sampai disini anda sudah berhasil masuk ke dalam winbox melalui MAC-address, selanjutnya anda bisa melakukan konfigurasi dengan mudah karena kita hanya tinggal klik dan tampilan yang mudah dimengerti.
Load disqus comments

0 komentar