Kamis, 29 Desember 2016

LISENSI DAN VERSI ROUTER OS MIKROTIK



Mengetahui Lisensi Mikrotik
Untuk mengetahui lisensi mikrotik yang anda gunakan anda bisa masuk ke winbox terlebih dahulu kemudian klik System -> Licence

Anda bisa mendownload versi demo/trial router OS yang berlaku selama 24 jam, selebihnya anda harus membeli lisensi dengan cara mengirimkan Software-ID router OS yang anda gunakan.

Untuk melakukan pembelian lisensi di situs mikrotik.co.id, anda harus login terlebih dahulu kemudian masukan software ID yang anda miliki untuk mendapatkan software key.
Setelah anda mendapatkan sofware key, anda selanjutnya harus memasukannya kedalam router OS, caranya :
Masuk ke winbox -> klik System -> Licence
Kemudian pada kotak Licence yang muncul klik Import Key, kemudian cari dimana lokasi tempat anda menyimpan key nya.
Atau bisa juga dengan cara Copy Paste Software Key langsung di dalam winbox dengan men klik tombol Paste Key.


Upgrade dan Downgarde Versi Router OS
 Upgrade dilakukan bila ingin menikmati penambahan fitur versi selanjutnya maupun perbaikan terhadap bug yang ada.
 Downgrade dilakukan bila terdapat bug atau ketidaksesuaian pada mikrotik yang sedang aktif. Misalnya ada fitur-fitur tertentu yang tidak berjalan sesuai dengan yang diharapkan.
Hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan Upgrade :
 Untuk lisensi level 3 dan 4 : versi yang digunakan sekarang + 1 versi mayor
 Untuk lisensi level 5 dan 6 : versi yang digunakan sekarang + 2 versi mayor
Contoh :
 Jika saat ini anda menggunakan Router OS versi 3.0 dengan lisensi level 3 atau level 4, maka memungkinkan untuk bisa di upgrade ke versi v3.1, 3.20, v4.01, v4.20 (versi 3 ke versi 4 = 1 versi )
 Jika saat ini anda menggunakan Router OS versi 3.0 dengan lisensi level 5 atau level 6, maka memungkinkan untuk bisa di upgrade ke versi v3.1, 3.20, v4.01, v4.20 dan v.5.0 (versi 3 ke versi 5 = 2 versi )

Atau anda juga bisa melihat di system licence winbox sejauh mana router OS anda bisa di upgrade.
Masuk ke winbox kemudian klik menu System -> Licence
Pada tulisan Upgradable To terlihat sampai versi berapa anda bisa melakukan upgrade.

Atau anda juga bisa melihat di system licence winbox sejauh mana router OS anda bisa di upgrade.
Masuk ke winbox kemudian klik menu System -> Licence
Pada tulisan Upgradable To terlihat sampai versi berapa anda bisa melakukan upgrade.

Upgrade menggunakan Winbox
Drag and drop paket yang sudah di download diatas ke dalam root direktori File List Mikrotik (jangan masukan ke dalam direktori hotspot)
Selanjutnya proses upload file akan dimulai
Setelah selesai upload paket, silahkan reboot router mikrotik anda untuk melihat hasilnya. Jika berhasil nomor versi yang baru akan muncul di caption winbox dan paket mikrotik anda.

Upgrade menggunakan FTP
Buka program FTP kesayangan anda, dalam tutorial kali ini saya menggunakan FileZilla FTP client. Pilih paket yang sudah anda download sebelumnya kemudian upload ke dalam router mikrotik anda.
Setelah selesai upload silahkan reboot mikrotik anda. Dan selanjutnya anda akan melihat perubahan versi mikrotik dan system package anda.
“Ketika melakukan upgrade ke versi 4.0 atau ke versi yang lebih baru, anda akan diminta untuk meng update lisensi ke format yang baru. Untuk mengupdate lisensi ke format yang baru anda harus memastikan PC router anda sudah terhubung ke internet. Selanjutnya klik Update Licence pada licence menu.”

Paket Mikrotik
Paket (packages) adalah sekumpulan fitur yang dapat diaktifkan dan dinonaktifkan. Paket mikrotik dapat berupa embedded maupun paket terpisah. Untuk melihat paket yang terinstall dalam router OS anda silahkan klik menu System -> Packages

Anda dapat menambah, mengurangi, mengaktifkan maupun menonaktifkan paket dalam router OS asalkan paket tersebut masih dalam versi yang sama. Misalkan anda ingin menambahkan paket user-manager kedalam mikrotik RB750 versi 4.15, maka anda harus mendownload versi 4.15 juga dari situs mikrotik kemudian memasukan paket user-manager kedalam router OS anda.


Load disqus comments

0 komentar